Belajar sejatinya adalah proses memanusiakan manusia dan sekolah sejatinya adalah rumah bagi para pembelajar.

Alhamdulillah. Puji syukur kehadirat Allah SWT atas karunia yang tiada terhingga para siswa kelas XII angkatan tahun 2019/2020 pada tanggal 11 Mei 2022 telah selelsai menempuh kegiatan belajar di almamater tercinta, SMAN 1 Pusakanagara. Dalam suasana Suka-cita nan haru kalian bukan hanya melalui pengalaman belajar di SMAN 1 Pusakanagara, namun kalian juga melalui masa berat belajar di masa COVID 19, masa-masa dimana seluruh masyarakat indonesia berada dalam masa - masa sulit dan serba terbatas. 

Sejatinya, pengalaman dan keadaan yang telah kalian lewati menjadikan kalian pribadi  yang berkarakter dan tangguh dalam menghadapi setiap cobaan yang akan kalian hadapi. Bagi kalian kelulusan jangan dijadikan akhir dalam perjuangan namun sebaliknya harus dijadikan tonggak awal dari suatu perjuangan untuk meraih kesuksesan. 

Bagi kalian yang lulus saya ucapkan SELAMAT atas keberhasilan perjuangan di SMA Negeri 1 Pusakanagara. Tentu semua itu tdk lepas dr perjuangan, dukungan dan do’a dari orang tua dan bapak ibu guru. Oleh karena itu berterima kasihlah kepada orang tua dan bapak ibu guru atas semuanya.
Teruslah berdo’a mohon petunjuk, bimbingan, perlindungan dan takdir yang baik kepada Allah SWT agar kalian dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Makin tinggi pendidikan kalian nanti, hendaknya makin berbakti dan hormat kepada kedua orang tua dan bapak ibu guru.

Bagi kalian yang lulus, maka bersegeralah sujud syukur kepada Allah SWT atas karunia kelulusan ini. Dalam meluapkan kebahagiaan ini kendaknya jangan berlebihan. Kita memiliki tradisi baik yang sudah lama dilakukan para seniormu yang menjadi agen perubahan dengan perilaku sederhana, sopan, dan simpati serta empati terhadap sesama. Sekolah melarang kalian bereuforia dengan melakukan arak-arakan kendaraan bermotor yang membahayakan dirimu dan orang lain, berkumpul kumpul dengan teman-temanmu, dan melakukan corat-coret pakaian serta fasilitas umum. Rapikan kembali seragam sekolahmu dan sumbangkan kepada adik adik kelasmu atau pihak lain yang membutuhkan melalui sekolah. 

Ingatlah motto sekolah kita : "Kami datang Untuk Belajar, Belajar untuk Berubah, Berubah untuk Berprestasi, Berprestasi Untuk mengabdi "..Mengabdilah dengan penuh keikhlasan karena sejatinya pengabdianlah yang menjadikan kamu siswa yang berprestasi.