Gerakan Literasi Sekolah merupakan program yang sangat penting dalam rangka mengembangkan kemampuan literasi siswa, dengan tujuan mengembangkan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Berdasarkan dasar tersebut, SMAN 1 Pusakanagara mengembangkan Gerakan “Literasi Terpusat” yang dilaksanakan setiap hari Selasa di lapangan sekolah yang di pandu langsung oleh ekstrakurikuler Literasi. 

Gerakan Literasi Terpusat tersebut sudah disahkan menjadi kegiatan pembiasan setiap hari Selasa. Kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Dengan teknis, setiap murid membawa bahan bacaannya baik digital maupun buku langsung. Siswa di beri waktu membaca selama 5 menit, kemudian di akhir kegiatan  siswa dapat menyampaikan atau menampilkan kembali hasil bacaannya.  

Tidak hanya membaca, banyak siswa yang aktif menampilkan hasil latihannya, baik dalam pertunjukan puisi, pantun, maupun bermain musik. 

Diharapkan kegiatan ini dapat berkembang menjadi lebih baik lagi diperiode yang akan datang. 

 

Koresponden : Belia